Senin, Juli 15, 2013

Memperlakukan Karyawan dengan Baik = Investasi Terbaik

Memperlakukan Karyawan dengan Baik = Investasi Terbaik
=====================================

Southwest Airlines
Herbert David Kelleher, kelahiran New Jersey 12 Maret 1931 ini, mendapatkan pelajaran dari sang ibunda mengenai pentingnya memperlakukan orang lain dengan baik. Filosofi itulah yang kemudian diterapkannya saat ia mendirikan Sothwest Airlines, yang akhirnya menjadi perusahan penerbangan dengan pelayanan terbaik di Amerika Serikat. Herb ingin memastikan para penumpang sangat menikmati perjalanan mereka. Melalui sentuhan midasnya, Southwest bukan cuma dikenal dengan harga tiketnya yang murah, namun juga menjadi perusahaan yang sangat sehat dan menjadi perusahaan terfavorit untuk bekerja bagi karyawan di Amerika Serikat pada tahun 1990.



Ini semua karena ia memperlakukan dengan baik karyawannya. “APABILA KITA MEMPERLAKUKAN MEREKA DENGAN BAIK, MAKA KARYAWAN AKAN MELAYANI PELANGGAN DENGAN BAIK, SEHINGGA PELANGGAN AKAN TERUS KEMBALI.” Jelasnya. Dan karyawan Southwest juga diperlakukan sebagai pemilik perusahaan, dimana karyawan diberi jatah 13% saham Southwest !!!

Suatu saat, ada seorang penumpang yang sakit jantung dan kondisinya melemah saat sedang menunggu pesawat di airport, lalu akhirnya penumpang itu diantar dan ditemani sepanjang malam oleh karyawan Southwest. Lalu ada juga seorang penumpang yang ban mobilnya bocor, saat menuju airport, dan menelpon kantor Southwest, maka karyawan Southwest langsung datang membantunya mengganti ban, dan mengantar sang penumpang menuju airport. Herb memang menginginkan agar Southwest menjadi tempat dimana karyawan menikmati pekerjaannya dan pelanggan menikmati penerbangannya. Ia sadar, hal itu lebih menguntungkan dibanding sekadar harga tiket yang murah saja. Bahkan dalam merekrut karyawan, Herb lebih memilih karyawan yang memiliki sopan santun walaupun pengalaman dan skillnya kurang. Ia berujar “KAMI BISA MELATIH ORANG, NAMUN KAMI TIDAK BISA MENGUBAH DNA NYA, MENJADI ORANG YANG PUNYA SOPAN SANTUN”. 

“Your people may come first, and if you treat them right, they’ll treat the customers right”
Herb Kelleher, CEO dan Founder Southwest Airlines,

Ok  semoga kita bersama semakin menyadari pentingnya arti memperlakukan karyawan dengan baik ya, karena tanpa karyawan yang baik, handal, dan terlatih, maka bisnis kita pun akan sulit berkembang. 

Salam Sukses,

Ir. Hamry Gusman Zakaria, MM
Motivator Bisnis & Penulis 7 Mukjizat Finansial

Tidak ada komentar: